Morning Rush 7 Desember 2020
View PDF
07 Dec 2020

Global Market Closing Review 

Bursa Eropa (UE) dan Amerika (AS) ditutup positif pada penutupan akhir pekan, dengan berita kemungkinan perjanjian perdagangan (post-brexit deal) antara Inggris dan UE akan disetujui sebelum akhir tahun. Dari AS rilis data pertumbuhan lapangan pekerjaan yang jauh lebih rendah dari estimasi, memberi optimisme stimulus sementara yang diajukan kongres AS sebesar US$908 miliar dapat disetujui pemerintah dalam waktu dekat


Asia Market Opening 

Sebagian bursa Asia dibuka positif pada perdagangan pagi ini. Dengan positifnya sentimen global antara lain terkait stimulus covid di AS.


Domestic News

  • Kementerian kesehatan menerbitkan beleid yang menetapkan jenis vaksin Covid-19 yang dapat digunakan di Indonesia, adalah vaksin yang diproduksi oleh PT Bio Farma (Persero), AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, Pfizer Inc. and BioNTech, dan Sinovac Biotech Ltd. Sebelumnya diberitakan pengiriman pertama vaksin Sinovac telah tiba di Indonesia, namun baru dapat diedarkan jika sudah mendapat Izin Penggunaan dari BPOM.
  • Dalam rangka kunjungan Kemenko Marves ke Jepang, untuk mempromosikan Indonesia Sovereign Wealth Fund yang memiliki target untuk menggalang dana investasi sebesar US$21 milyar pada 2021, Bank asal Jepang JBIC menyampaikan niat menyuntikkan dana investasi sebesar US$4 milyar pada Lembaga Pengola Investasi (LPI).
  • Pemerintah bersama jajaran Komisi VI DPR RI telah menyetujui Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp22 triliun kepada IFG untuk mendirikan perusahaan asuransi baru bernama IFG Life. Nantinya terdapat 10 perusahaan yang berada di dalam naungan IFG yang merupakan holding BUMN Asuransi. 10 Perusahaan tersebut meliputi Askrindo, Jamkrindo, Jasa Raharja, Jasindo, PT Bahana Sekuritas, PT Bahana TCW Investment Management, hingga PT Bahana Artha Ventura, PT Grahaniaga Tata Utama, serta PT Bahana Kapital Investa. Di samping IFG Life juga akan melanjutkan pengelolaan polis-polis Jiwasraya yang telah direstrukturisasi dan mulai disosialisasikan pada sepanjang Desember 2020.


Emiten

WIKA - perusahaan optimis target kontrak baru 2020 akan tercapai mengingat hingga November, kontrak baru Perseroan telah mencapai Rp18 triliun atau 84,22% dari target Rp21,37 triliun. Saat ini perusahaan tengah mengikuti beberapa proses tender proyek strategis yang akan diumumkan akhir tahun ini.






PT Mandiri Sekuritas 

Menara Mandiri 1 Lt. 24 - 25, Jl. Jend. Sudirman Kav. 54 - 55, Jakarta 12190,

Indonesia Tel. (62-21) 526 3445 Fax. (62-21) 526 3521

www.most.co.id